Teknik Dasar Kontrol Bola Futsal

Teknik Dasar Kontrol Bola Futsal ulasan zonafutsal.com ini berisi tentang teknik-teknik mengenai kontrol bola-kaki untuk pemain futsal. Tulisan ini adalah kelanjutan dari artikel Teknik Dasar Pemain Futsal yang sudah diterangkan sebelumnya. 


Teknik Dasar Kontrol Bola Futsal

Mengontrol bola merupakan bagian dasar yang penting dalam permainan futsal. Ada tiga cara pengontrolan bola yakni dapat dilakukan menggunakan (1) telapak kaki, (2) kaki bagian dalam, dan (3) kaki bagian luar. Rekomendasi dari saya untuk dasar adalah gunakan teknik nomor 1 dan 2 saja. Berikut penjelasannya.

Teknik Dasar Kontrol Bola Futsal
Teknik Dasar Kontrol Bola Futsal

Kontrol Bola dengan Telapak Kaki
Dalam tulisan sebelumnya, yakni dalam artikel Teknik Dasar Pemain Futsal dijelaskan tentang pentingnya kontrol bola menggunakan bagian bawah atau telapak kaki. Hal ini dikarenakan dalam sepatu yang digunakan dalam permainan futsal bagian bawahnya rata (tidak memakai pul seperti dalam permainan sepak bola). Untuk itulah mengontrol bola dengan cara ini membuat bola lebih mudah dikontrol.

Teknik ini cocok untuk menerima umpan-umpan pendek datar baik cepat maupun pelan. Ketika bola datang, kontrol dengan bagian telapak membuat bola akan langsung berhenti atau tidak memantul karena tekanan antara bagian telapak sepatu dengan lantai vinil lapangan futsal. Karena bola tidak bergerak pemain akan lebih leluasa untuk mengendalikan bola.

Kontrol dengan telapak kaki ini multi fungsi. Saat posisi pemain berhenti dan bola sudah di kaki, seorang pemain akan mudah mengelabui lawan. Selain itu dengan kontrol bola melalui telapak akan memudahkan kita menjaga bola agar tetap menempel di kaki dan bola akan sulit direbut karena bola sudah ada pada kendali kita.

Bola yang ditekan keras ke bawah dengan telapak kaki akan semakin kuat menempel pada kaki. Kita menjadi lebih leluasa mempertahankan bola dan lawan akan kesulitan merebut bola.

Kontrol Bola dengan Kaki Bagian Dalam
Kontrol bola menggunakan kaki bagian bisa dilakukan saat posisi pemain berhenti ataupun berlari. Namun teknik ini cocok dipakai saat pemaian menerima umpan baik atas ataupun bawah saat posisi berlari.  Dengan teknik ini seorang pemain tidak perlu berhenti dan bisa terus berlari. Teknik ini cocok untuk pemain yang memiliki skill berlari cepat, kelemahannya adalah mudah direbut musuh jika musuh dalam posisi dekat dengan kita.

Teknik Dasar Kontrol Bola Futsal

Kontrol Bola dengan Kaki Bagian Luar
Teknik kontrol bola menggunakan kaki bagian luar jarang dilakukan oleh pemain futsal karena banyak kelemahannya dan kadang pemain harus memiliki skill yang lebih. Jadi untuk pemula teknik ini tidak perlu digunakan dahulu, namun sesekali bisa dipakai sebagai kombinasi saja.

Ulasan mengenai Teknik Kontrol Bola dalam Permainan Futsal sudah saya jelaskan. Tiga teknik tersebut bisa dipraktikkan saat Anda berada di lapangan. Untuk tingkat dasar cukup pelajari nomor 1-2, dan 3 sebagai tambahan. Teknik kontrol bola sebenarnya tidak terbatas pada 3 cara itu, masih ada banyak antara lain kontrol menggunakan paha, kontrol menggunakan dada, kontrol bola menggunakan bagian belakang, dan lain-lain. Ulasan tentang teknik-teknik tersebut akan diulas lagi dalam teknik tingkat menengah dan profesional.

TULISAN SEBELUMNYA:

ARTIKEL TERKAIT

Sekian dari saya, terima kasih dan selamat berlatih. Dan jika Anda merasa artikel ini bermanfaat dan mampu menambah ilmu futsal Anda, jangan segan-segan berbagi dengan yang lain silahkan share artikel Teknik Dasar Kontrol Bola Futsal ke kawan-kawan kamu.

No comments