Piala AFF 2015 Timnas Futsal Indonesia Ditangani Pelatih Asing


Asosiasi Futsal Indonesia (AFI) bersiap menunjuk pelatih asing untuk mempersiapkan Timnas dalam event Piala AFF Futsal 2015 pada 8-10 Oktober mendatang di Yogyakarta. Dalam turnamen tahun lalu, skuad futsal Indonesia gagal memenuhi target juara. Timnas kalah dari Vietnam dalam perebutan tempat ketiga AFF Futsal 2014.

Dalam Piala AFF Futsal 2015, sepertinya AFI tidak main-main. Sekjen Asosiasi Futsal Indonesia, Edy Prasetyo sudah membocorkan nama pelatih kelas dunia yang nantinya akan ditugaskan membesut skuad futsal Indonesia.

“Ini menyangkut target. Kita negara besar, bangsa besar dan punya nama besar. Kita harus mencari pelatih dengan nama besar. Nama besar itu yang berarti sudah pernah menangani tim di Piala Dunia Futsal,” terang Edy.

“Ada dua calon pelatih timnas futsal yaitu Jesus Candelas pelatih timnas Iran dan Steven Knight yang pernah menangani timnas Australia,” imbuhnya.

Jesus Candelas adalah pelatih futsal Iran yang  menjabat sejak Januari 2013 menggantikan Ali Sanei yang dipecat karena dianggap gagal di Piala Dunia Futsal 2012. Sedangkan Steven Knight merupakan pelatih timnas Australia di Piala Dunia Futsal 2012.

Jika gagal meminang salah satu dari dua calon tersebut, AFI masih memiliki satu calon cadangan. Sebagai alternatif ketiga adalah Fernando Feretti, yakni pelatih futsal asal Brazil yang saat ini masih menjabat sebagai pelatih timnas Paraguay.

Sebelum terjun dalam turnamen tingkat Asia Tenggara tersebut, AFI akan menggelar dua kejuaraan internasional pada Mei dan September guna mengasah kemampuan Timnas.



No comments