Teknik Dasar Dribble Bola Futsal

Teknik Dasar Dribble Bola Futsal juga merupakan dasar penting bagi pemain futsal. Skill ini wajib diketahui dan dipunyai oleh pemain futsal. Nah untuk teknik dribble atau menggiring bola, sebenarnya bisa dilakukan dengan menggunakan kaki manapun, tergantung kondisi.Untuk Kaki bagian luar misalnya, untuk mengecoh dengan bergerak ke samping atau depan. Kaki bagian dalam efektif untuk bergerak ke belakang, ke kanan, dan ke kiri. Sedangkan punggung kaki bisa dipakai untuk mengecoh musuh yang datang dari depan. Berikut akan saya ulas satu per satu.

Teknik Dasar Dribble Bola Futsal

1. Dribble bola menggunakan kaki bagian luar
Maksud dari bagian luar kaki adalah bagian atas kaki. Teknik ini memudahkan pemain mengecoh atau melewati lawan ketika tim sedang menyerang. Dengan menggunakan kaki bagian luar (atas) seorang pemain lebih leluasa untuk berlari sembari membawa bola. Selain itu keseimbangan juga lebih terjaga, karena fokus seorang pemain dengan teknik lebih lebih ke arah depan dan samping.

Teknik Dasar Dribble Bola Futsal
Teknik Dasar Dribble Bola Futsal - Menggiring bola menggunakan kaki bagian luar (atas)
Coba perhatikan gambar di atas, saat seorang pemain yang menguasai bola memiliki keuntungan dalam posisi menyerang. Seorang pemain yang bergerak maju memiliki keseimbangan yang lebih baik dari pada seorang pemain bertahan (karena seorang pemain bertahan harus segera membalikkan badan ketika musuh berhasil melewatinya). Dalam posisi tersebut, jika ingin melewati pemain bertahan musuh, teknik ini sangat pas diterapkan. Pemain bisa memilih akan bergerak ke samping kiri atau samping kanang, kemudian setelah berhasil mengecoh ia bisa bergerak bebas ke depan meninggalkan musuh yang tersita waktunya untuk balik badan.

Teknik ini cocok untuk tipikal pemain yang mempunyai kecepatan, karena menggiring bola dengan kaki bagian luar maksimal dilakukan sambil berlari.  

2. Dribble bola menggunakan kaki bagian bawah (telapak kaki)
Teknik dribble dengan menggunakan kaki bagian bawah mempunyai keuntungan sendiri dibanding teknik dibble yang lain, yakni bola lebih bisa kita kuasai. Dengan teknik ini bola berada pada kendali pemain dan telapak kaki berfungsi memperkuat kontrol. Dengan begitu ketika musuh berusaha merebut bola, kita bisa leluasa mengecoh (bisa mundur, atau samping) dan bola masih 100 % dalam kendali kita.
Teknik Dasar Dribble Bola Futsal
Teknik Dasar Dribble Bola Futsal - Menggiring bola menggunakan kaki bagian dalam (telapak kaki)
Namun teknik ini juga memiliki kekurangan. Karena menggiring dengan telapak kaki, sehingga akan mempengaruhi kecepatan lari seorang pemain. Jadi untuk mengatasinya, jika ingin bergerak maju melewati musuh, kita bisa mengandalkan kekuatan body untuk melindungi bola. Namun sekali lagu untuk bergerak maju melewati musuh mungkin akan terlalu beresiko jika menggunakan teknik ini.
Dribble bola dengan telapak kaki lebih efektif untuk bergerak menyamping dan setelah itu melakukan umpan.

3. Dribble bola menggunakan kaki bagian dalam

Teknik Dasar Dribble Bola Futsal
Teknik Dasar Dribble Bola Futsal - Menggiring bola menggunakan kaki bagian dalam
Teknik dribble menggunakan kaki bagian dalam futsal juga merupakan hal penting yang harus dikuasai oleh seorang pemain. Teknik ini lebih memiliki kesan tipuan, dengan dribble menggunakan kaki bagian dalam kita bisa mengombinasikan antara kaki kiri dan kanan untuk melewati musuh. Selain itu dalam posisi terdesak, dengan teknik ini kita juga bisa mengecoh dengan menendang pelan bola melewati selangkangan musuh (mengolong) kemudian bola kita ambil kembali. Teknik ini lebih sulit dibanding teknik dribbling yang lain karena penguasaan atau kontrol bola sang pemain harus dikuasai terlebih dahulu. Jika belum menguasai kontrol bola, teknik ini akan sia-sia digunakan.

4. Dribble bola kombinasi
Teknik penting dan wajib bagi seorang pemain futsal. Namun jangan lupakan spontanitas, kreasi, dan insting di lapangan. Dalam menggiring bola misalnya, saat berhadapan dengan musuh seorang pemain bisa menggunakan gabungan berbagai jenis teknik dribble, untuk menggunakan beberapoa teknik dalam satu gerakan kecoh diperlukan kreasi, spontanitas, dan insting. Seorang pemain harus lihai melihat posisi musuh, dan dia harus tepat kapan mulai melakukan teknik untuk mengecoh lawan. Teknik kombinasi ini sering dipakai seorang pemain futsal karena dalam sebuah pertandingan futsal terkadang kita tidak bisa memprediksi kemampuan musuh.

BACA JUGA ARTIKEL TEKNIK DASAR PERMAINAN FUTSAL 

Nah itulah ulasan mengenai bagaimana menggiring bola atau dribble dalam permainan futsal. Selamat berlatih dan semoga artikel Teknik Dasar Dribble Bola Futsal ini bermanfaat untuk semua.

No comments